Wisata Termurah Di Benua Eropa

  • Wisata termurah

Salah satu pojok kota Dublin, Irlandia

TEMPO.CO, Roma – Eropa adalah benua yang paling mahal untuk wisatawan asing. Namun, ada beberapa kota di Eropa yang sangat terjangkau dari sisi biaya.

Situs USA Today menganalisis biaya menginap di hotel, makan, tiket pesawat, dan atraksi turisme di kota-kota yang terjangkau bagi wisatawan kelas pekerja. Di kota-kota tersebut, pelancong dapat menemukan kamar hotel murah, kegiatan gratis, dan barang-barang berharga terjangkau.

Salah satu kota itu adalah Roma, Italia. Kota ini tidak hanya mendapatkan gelar kota besar yang paling terjangkau di Italia, tetapi juga salah satu tujuan wisata paling ekonomis di Eropa.

Berikut ini 10 kota yang “ramah kantong” bagi wisatawan berdana cekak:

Roma
Roma adalah salah satu tempat paling banyak dikunjungi di Eropa. Namun tidak seperti Paris atau London, kota ini merupakan tempat liburan yang menakjubkan dari sisi anggaran. Tarif hotel rata-rata setiap malam US$190 dolar atau setara Rp 1,78 juta, lebih murah ketimbang tempat-tempat tujuan wisata utama lainnya di Italia.

Karena Roma adalah pusat persimpangan internasional terbesar, tiket pesawat ke kota ini sering jauh lebih murah ketimbang tarif ke kota-kota lainnya di Italia. Menurut laman Kayak, harga tiket pesawat dari New York ke Roma pada Oktober mulai US$ 688 pulang-pergi. Bandingkan dengan New York-Venezia (US$ 740 pergi-pulang), New York-Florence (US$ 934 pergi-pulang), atau New York-Napoli (US$ 753 pergi-pulang).

Praha
Kota seribu tahun ini adalah salah satu tujuan wisata Eropa yang lebih ekonomis. Menurut laman TripIndex, masih satu induk dengan situs TripAdvisor, Praha berada di posisi ke-20 kota yang paling banyak dikunjungi di dunia dan kelima di Eropa. Harga rata-rata untuk tinggal satu malam, menurut TripAdvisor, sekitar US$ 248 untuk dua orang.

Kota ini juga memiliki cukup banyak situs gratis sehingga dijamin tak membuat kantong kempes. Pasar bunga Havelsk, Charles Bridge, dan istana abad ke-10 yang menjulang di atas Kota Vysehrad adalah sejumlah obyek wisata menarik yang gratis. Ingin mencium aroma Eropa masa lalu? Datang saja ke alun-alun Kota Tua.

Dublin
Sangat mudah menemukan hotel dengan harga terjangkau di Dublin. Rata-rata hotel di sana menawarkan paket menginap dua malam termasuk akomodasi dan sarapan untuk dua orang dengan harga mulai 75 euro per orang (sekitar US$ 94). Situs The New York Times menyebutkan hotel-hotel yang lebih bagus menawarkan harga US$150 per malam. Selain itu, Dublin dipenuhi atraksi wisata yang harganya terjangkau, bahkan gratis, termasuk Museum Nasional Irlandia, National Botanic Gardens, dan Museum of Modern Art Irlandia.

Di Ashford Castle, wisatawan sekilas bisa mengintip masa lalu Irlandia yang kaya. Karena merupakan pusat Eropa, terbang ke Irlandia lumayan murah. Sebagai gambaran, harga tiket pergi-pulang dari AS ke Dublin di bawah US$ 500 dan US$ 1.000 pada musim sibuk, biasanya saat musim panas.

Warsawa
Anda dapat menghemat uang di kota-kota Eropa Timur ketimbang di Eropa Barat. Dari semua kota di Eropa Timur, Warsawa adalah surga bagi wisatawan yang mencari akomodasi mewah dengan harga murah. Menurut Hotel Price Index dari Hotels.com, ibu kota Polandia ini menawarkan hotel yang paling mewah untuk harga terendah di dunia. Taris rata-rata hotel bintang lima di Warsawa US$ 130 per malam pada 2011.

Hotel lain menawarkan harga di bawahnya, walau servis dan kamar setara hotel berbintang. Sebagai contoh, harga Polonia Palace Hotel di akhir pekan hanya 65 euro per malam. Padahal, Polonia dalah hotel mewah yang dibangun pada awal abad ke-20 dan satu-satunya hotel di Warsawa yang bertahan selama Perang Dunia II.

Lisabon
Portugal, secara keseluruhan, tempat yang lebih murah untuk dikunjungi ketimbang tetangganya, Spanyol. Ibu kota negara itu, Lisabon, misalnya, menawarkan pesona tak kalah eksotik dibanding kan negara Eropa lain: pemandangan laut yang elok, pantai kosmopolitan, jalan-jalan berbatu kuno, dan katedral Gothic. Biaya tinggal satu malam di sebuah hotel bintang empat rata-rata US$ 130, menurut TripAdvisor. The New York Times melaporkan banyak atraksi budaya tersaji gratis pada hari Ahad, termasuk Museu Nacional de Arqueologia dan Torre de Belem, sebuah benteng sejarah.

Budapest
Menurut survei tahunan Trip Index TripAdvisor, perbandingan harga untuk akomodasi dan kegiatan, Budapest adalah kota yang paling terjangkau untuk wisatawan di seluruh Eropa. Menurut TripAdvisor, biaya untuk tinggal satu malam di sebuah hotel bintang empat, satu koktail per orang, makan malam berdua dengan sebotol anggur, dan transportasi pergi-pulang menggunakan taksi hanya US$ 194.

Di Hotel Palazzo Zichy, properti populer nomor dua dari 333 hotel di Budapest pada TripAdvisor, tarifnya € 59 per malam.

Birmingham
London adalah kota termahal di dunia untuk wisatawan, setidaknya untuk saat ini. Olimpiade 2012  yang berlangsung di ibu kota Inggris ini membuat harga penginapan meroket. Menurut survei Trip Index TripAdvisor, tinggal satu malam di London dengan dua kegiatan bisa menghabiskan lebih dari US$ 500.

Namun cobalah bergeser ke Birmingham, pusat kota historis dengan kanal cantik dan pub Inggris klasik. Kota kelahiran William Shakespeare ini menawarkan atraksi yang lebih sensual ketimbang London, namun harganya terjangkau. Di kota ini tarif hotel lebih murah daripada Liverpool, Oxford, dan Manchester, dengan harga sekitar US$ 94 per malam.

Berlin
Pada Hotel Price Index, Berlin adalah salah satu kota yang paling terjangkau untuk hotel mewah di dunia. Harga rata-rata sebuah hotel mewah di Berlin pada tahun 2011 adalah US$ 198 per malam. Survei yang dilakukan Hotels.com menunjukkan rata-rata hotel di Berlin bertarif 76 euro per malam. Bandingkan dengan New York ( 171 euro) , London (134 euro), dan Paris (114 euro).

Brussels
Seperti Warsawa, Brussels adalah salah satu kota terbaik di Eropa untuk mencari penginapan mewah dengan harga terjangkau. Hotel di kota ini menduduki peringkat ketujuh pada Indeks Harga Hotel dari Hotels.com untuk harga rendah tapi mewah. Dan penerbangan ke kota ini harganya juga kompetitif.

Wina
Meskipun Austria dikenal mahal, harga paket perjalanan wisata ke kota ini cukup terjangkau. Umumnya biro perjalanan menawarkan paket wisata ke Wina, Praha, dan Budapest. Paket enam malam untuk kota-kota tersebut (dua malam di masing-masing kota) dibanderol mulai US$ 1.499 untuk perjalanan bulan September atau Oktober, termasuk tiket pesawat ke Budapest dan kembali dari Praha dan akomodasi serta sarapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s